Selamat Datang Di Web Dinas Perhubungan Kalimantan Selatan   - Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan -     - Pelaksanaan Tes Kesehatan Sipencatar -     - PENGUMUMAN PELAKSANAAN PSIKOTES TERBARU -  

BIDANG LALU LINTAS JALAN


Tugas dan Fungsi Bidang Lalu Lintas Jalan
 

1. Tugas

  • Melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, serta evaluasi dan pelaporan dibidang lalu lintas jalan.

2. Fungsi

Dalam melaksanakan tugas, Bidang Lalu Lintas Jalan menyelenggarakan fungsi :

  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang manajemen dan rekayasa lalu lintas, dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan
  • Penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang manajemen dan rekayasa lalu lintas, dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan
  • Penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan di bidang manajemen dan rekayasa lalu lintas dan angkutan jalan dan
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.


3. Tugas Seksi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Jalan

  1. Melakukan penyiapan bahan dan pelaksanaan kebijakan serta evaluasi dan pelaporan di bidang pelaksanaan manajemen dan rekayasa lalu lintas jalan, dam persetujuan hasil analisis dampak lalu lintas pada jalan provinsi.
  2. Melakukan penyiapan baha perumusan dan pelaksanaan kebijakan serta evaluasi dan pelaporan di bidang penyedia perlengkapan jalan dijalan provinsi.
  3. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan sesuai dengan bidang tugas dan tanggungjawab.


4. Tugas Seksi Keselamatan Sarana dan Prasarana Lalu Lintas Jalan

  1. Melakukan penyiapan bahan dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi lalu lintas jalan.
  2. Melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan serta evaluasi dan pelaporan di bidang audit dan inspeksi keselamatan lalu lintas jalan di jalan provinsi, laik fungsi jalan kelselamatan sarana dan prasarana, fasilitas manajemen dan penanganan keselamatan di jalan provinsi, fasilitas promosi dan kemitraan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, keselamatan pengusahaan angkutan umum dan fasilitas kelaikan kenderaan.
  3. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan sesuai dengan bidang tugas dan tanggungjawabnya.


5. Tugas Seksi Operasional dan Pengendalian Lalu Lintas Jalan

  1. Melaksanakan penyiapan bahan dan menyusun rencana operasional dan pengendalian lalu lintas dan angkutan jalan.
  2. Penghimpun, mengolah, menganalisa dan menyajikan data pelanggaran dan intensitas kecelakaan lalu lintas di jalan. Melaksanakan pengawasan dan pengendalian operasioanal terhadap penggunaan jalan di jalan nasional dan jalan provinsi.
  3. Melakukan penyidikan pelanggaran ketentuan pemenuhan perundang-undangan lalu lintas angkutan jalan, pelanggaran pemenuhan persyaratan teknis laik jalan, pelanggaran ketentuan pengujian berkala, pelanggaran periizinan angkutan umum. Menyiapkan bahan dan menyelenggarakan pencegahan dan penanggulangan kecelakaan lalu lintas di jalan provinsi. Penegakan hukum oleh PPNS di bidang lalu lintas dan angkutan jalan. 
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan sesuai dengan bidang tugas dan tanggungjawabnya.

← Back To Home